Ilmu Baru dari Pasar bunga: Ini cara mudah merawat bunga krisan di rumah!

Posted on

Toko Bunga

Pasar Bunga – Berawal dari kegagalan saya dan istri merawat bunga krisan, sanhking gemesanya karena setiap kali membeli bunga krisan biasanya tidak bertahan lama dan mati. Atau kalau tidak mati bunga ini tidak berbunga. Trus mau gmn bunga kok tudak berbunga. Padahal sewaktu kita beli bunganya hampir disetiap cabangnya ada.

Layaknya pengetahuan umum, Kota Malang juga dikenal sebagai kota bunga. Tak heran, karena berbagai jenis bunga indah bisa kamu temukan di kota ini. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dengan harga yang murah.

Layaknya nama yang disandang, pasar bunga menyediakan berbagai jenis tanaman hias, mulai dari bibit, tanaman hias siap pakai, hingga berbagai jenis perlengkapan lain untuk berkebun. Bahkan, di pasar bunga ini, kamu bisa menemukan florist shop, yang siap merangkai bunga untuk para pelanggannya.

Saat berjalan-jalan di pasar bunga ini, merdeka.com singgah di salah satu toko bunga bernama ‘Sederhana’. Tak jauh berbeda dengan toko-toko lainnya, berbagai jenis tanaman hias dan perlengkapan berkebun lainnya bisa kamu temukan di toko ini.

Melirik pada tanaman bunga hias yang dijajakan, tanaman bunga krisan terlihat mencolok diantara jenis tanaman hias lainnya. Tanaman ini memiliki corak bunga dengan warna yang mencolok, dan bentuk daun yang ikal. Hanya dengan Rp 30 ribu, kamu bisa membawa pulang tanaman indah ini. 

Krisan, merupakan jenis tumbuhan berbunga indah, sehingga tak jarang dijadikan sebagai tanaman hias maupun bunga petik. Lahir dari suku Asteraceae, bunga ini digolongkan menjadi dua jenis, yakni spray dan standar. Krisan spay, umumnya memiliki 10-20 kuntum bunga berukuran kecil dalam satu tangkai. Sedangkan, krisan jenis standar hanya memiliki satu kuntum dalam satu tangkai.

Terkesan rumit, ternyata hanya membutuhkan empat langkah saja untuk mempertahankan keindahan tanaman bunga krisan. Salah satu pedagang bunga di Toko Sederhana, Irul, berbagai tips untuk merawat bunga krisan tersebut. Tips ini berlaku bagi kamu yang ingin menanam bunga krisan dalam pot di rumah.

1. Mendapatkan sinar matahari cukup
Tak dipungkiri, bunga krisan memang butuh ketelatenan yang cukup untuk membuatnya bertahan indah. Tanaman krisan yang disediakan di pasar bunga umumnya telah berbunga. Sehingga, saat kamu membawanya pulang ke rumah, pastikan untuk meletakkan pot bunga di area yang terkena matahari, sekitar 3-4 jam. Karena, terlalu banyak terkena sinar matahari akan dengan mudah membuat tanaman ini layu.

2. Jauhkan dari cahaya lampu pada malam hari
Tanaman krisan hanya membutuhkan matahari dalam waktu singkat. Selebihnya, tanaman ini membutuhkan area gelap untuk bisa berbunga dengan indah. Karena itu, sebaiknya jauhkan tanaman bunga ini dari cahaya apapun di malam hari, termasuk cahaya lampu.

3. Disiram dua kali sekali
Terkait dengan perawatan, kamu hanya perlu menyiram tanaman ini 2 kali sehari. Saat menyiram, pastikan porsi air tidak sampai tergenang dalam pot.

4. Bunga di potong setelah layu
Setelah bunga krisan yang tumbuh pada tangkai layu, sebaiknya kamu langsung memotongnya. Dengan cara ini, tanaman krisan selanjutnya akan berbunga dengan lebat.

Bagaimana, cukup mudah untuk merawat tanaman ini, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *